15 CARA MENYELESAIKAN 1 SOAL. MUNGKIN GAK ??

 

Pernahkah kamu mencoba mengerjakan  sebuah soal olimpiade yang mengajakmu menemukan berbagai sudut pandang dari sebuah masalah ?

Oke,... kali ini, saya akan berbagi sat8u masalah dimana, kita bisa menggukan berbagai sudut pandang yang unik sehoiingga kita bisa menyelesaikan sebuah masalah dari berbagai jalan.

 

Masalah kali ini sangat sederhana, tapi, dengan sekumpulan teorema dan kaidah-kaidah matematis, begitu banyak sudut pandang yang bisa kita ambil untuk menyelesaikan masalah ini.

Masalah ini kami dapatkan dari BABAK SEMIFINAL LMNAS UGM 2020 (LMNAS KE 31) jenjang SMA.

 


======================================================================

Pertama, kita diberikan sebuah persegi ABCD, dengan panjang sisi sembarang. Kemudian ada titik M di AD, sehingga AM = MD. Misalkan ada sebuah titik lain, yaitu N di CD, sehingga garis BM membagi sudut ABN menjadi dua sama besar. Dapatkah kita merumuskan masalah ini ?

====================================================================== 

SOLUSI :

Kita perhatikan gambar berikut.

 




Secara sekilas...... apa yang kamu fikirkan ?

Yaaa..... karena NBM = A’BM,   

maka jelas MA’ = MN,  BA’  = BN, 

maka NA’ BM.

Sehingga jelas segitiga BMN dan BMA sebangun, dengan MN/BM = ½

Jika misalkan AM = a, maka AB = 2a,  dan BM = a5. 

Sehingga kita punya solusi MN = (a5)/2 dan BN = (a5)/2 . √5  = 5a/2 

 



Naaah,.. dari masalah yang sangat simpel ini, kita bisa mainkan berbagai teorema dan identitas matematik sehingga masalah ini terbukti valid dan berbagai teorema menyatakan kevalidan dan keterkaitan dengan maslaah ini.

 

Berikut ini kami berikan berbagai sudut pandang yang bisa kita gunakan menyelesaikan masalah ini.

Yaitu  tentang bagaimana teorema-teorema matematika bekerja.



Silahkan unduh coretan kami disini....


15 SOLUSI SOAL SEMIFINAL LMNAS UGM SMA 31 SOAL NOMER 8



Jika kamu membutuhkan banyak kisah dan cerita seru dalam Matematika, bisa hubungi kami di : 

Kak Arif

atau bisa juga hubungi : 


Genius Math Olympiad























Komentar