LATIHAN SOAL Pre KSM kelas 3

Mohon Untuk tidak mengcopy demi tujuan Komersil.
(TIDAK UNTUK DIPERJUAL BELIKAN...!)
____________________________________________

LATIHAN 1.
--------------------------

1. Hari ini adalah 3 hari setelah aku bilang, “3 hari yang lalu hari Rabu.” Maka 3 hari setelah hari ini adalah...

2. Saya nemiliki teman bernama Arifka. Dia punya ayah namanya pak Yusuf Al Aswalaniy. Pak Yusuf punya 5 anak, 2 orang laki-laki. Ada berapa saudara Arifka yang perempuan ?

3. Aku akan berusia 17 tahun saat adik ku berusia 12 tahun. Maka saat usia ku dua kali usia adik, berapakah usia adik ?

4. Jarum jam menunjukkan pukul 02.00. Angka-angka pada jam berisi angka 1 sampai 12. Agar jam mencapai 12.00. Berapa kali jarum panjang melewati angka 10 ?

5. Ada sebuah persegi ABCD, lalu diputar sekali kekanan, sehingga berubah menjadi DABC, diputar lagi ke kanan, sehingga menjadi CDAB dan seterusnya. Jika dari awal diputar sebanyak 15 kali, maka bentuk persegi adalah...

6. Ada bilangan 2 digit A̅B̅ lalu ditambah 18 sehingga menghasilkan bilangan B̅A̅. Contoh 13 + 18 = 31. Maka bilangan A̅B̅ paling besar adalah....

7. Aku sekolah di sekolah Akademia, tempat dudukku bersebelahan dengan tempat duduk Rudi. Ani berada di kanan Angga. Angga berada 3 tempat di kiri Rudi. Bahri duduk dikananku dan Cindy duduk dikiriku.  Jika tempat duduk Bahri ada disebelah kanan Ani dan Cindy ada di kiri Rudi. Maka yang duduk tepat disebelah kiriku adalah....

8. Zahra akan membuka sandi HP milik temannya, lali ada tulisan dibawah ini :
245                             265                                275                          356       
Ada 1 yg benar           ada 2 yang benar         ada 1 yang benar             ada 1 yg benar

Temukan Berapa sandi yang benar untuk membuka HP itu ?

9. Bu Guru di sekolah memberi PR untuk anak-anak menghafalkan Pancasila. Lalu saya membacanya berkali-kali secara urut dari sila pertama hingga sila ke 5. Jika saya membaca kata ESA sebanyak 6 kali dan membaca kata PERSATUAN sebanyak 5 kali. Maka saya membaca Pancasila dan berhenti pada sila ke ......

10. Misalkan A adalah sebuah kotak yang berisi surat-surat dalam Juz Amma yang memiliki 5 ayat. Ada berapakah banyaknya nama surat yang ditulis dalam Kotak A ?

11. Berikut ini contoh nomor surat disertai namanya :   (78 ) An Naba’ ;  (79) Abasa  ; (80) An Nazi’at   ;  (113)  Al Falaq ;  (114) An Naas.    Diantara surat-surat dalam Al Quran yang ada dalam Juz amma. Ada berapa surat yang nomornya bisa dibagi 3 ?

12. Ayah berjanji kalo Arifka bisa selama satu minggu penuh sholat tidak pernah bolong. Maka dia akan dibelikan sepeda baru . Berapa banyak Arifka membaca Ak Fatihah dalam sholat wajibnya selama 1 minggu ?

13. Nabi Muhammad saw menerima wahyu sejak Februari 610 M sampai Mei 632 M. Berapa bulan kah Nabi menerima wahyu ?

14. Dalam Al Quran ada 2 jenis surat, yaitu Madaniyah dan Makkiyah. Dalam Juz Amma, ada sebanyak 3 surat Madaniyah. Maka banyak surat Makkiyah adalah...

15. Hari ini adalah Bulan Mei 2020. Jika Nabi Muhammad saw meninggal tanggal 8 Agustus 632 M. Maka sampai hari ini sudah berapa tahun ?

16. Seekor Ayam butuh waktu 3 minggu untuk mengerami telurnya sampai dia menetas. Jika induk ayam mulai mengerami telur tanggal 26 April 2020, pada tanggal berapa telur akan menetas ?

17. Ketika saya melihat seekor kucing, saya melihat 4 kaki. Saat kucing itu mengajak teman-temannya, sekarang saya melihat 48 kaki. Berapa banyaknya teman yang diajak kucing itu ?

18. Bulan Ramadhan adalah bulan ke 9 dalam tahun Hijriyah. Sedangkan bulan Rajab adalah bulan ke 7. Dimulai dari Ramadhan tahun 1440 H, sampai Rajab tahun 1442 H. Berapa bulan lamanya ?
19. Sekarang adalah pukul 01.23 WIB. Agar jam menunjuk pukul 12.34 WIB. Berapa menit lamanya ?

20. Waktu dimulainya puasa yaitu saat terbit fajar (waktu shubuh) sampai waktu terbenam Matahari (waktu Maghrib). Saat siang hari, saya tidur selama 125 menit. Berapa menit saya menahan lapar saat tidak tidur ?


Komentar